7 Hal yang Berperan Penting Dalam Perubahan Iklim. Sudah Tahu?

Reporter : Stella Azasya

Dari zaman sekolah, kamu pasti sudah sering sekali mendengar tentang pemborosan dan penghematan energi. Karena dampaknya sangat besar dan berpengaruh pada bumi sebagai habitat manusia, jadi kita yang tinggal di dalamnya seharusnya bisa lebih peka.

Seperti melakukan 7 hal di bawah ini, itu berpengaruh besar pada perubahan iklim yang mungkin banyak kamu sepelekan. Mulai sekarang, ayo jaga bumi ini demi tempat tinggal yang lebih aman dan nyaman.

1. Pembakaran sampah dengan tidak bertanggung jawab

7 Hal yang Berperan Penting Dalam Perubahan Iklim. Sudah Tahu?
Unsplash.com/Joshua Newton

Pembakaran sampah yang dibiarkan begitu saja menghasilkan gas metana yang akan menangkap panas. Hal ini membuat karbondioksida sulit menghasilkan oksigen. Mulailah bijak dalam membakar sampah. Jangan sampai berlebihan karena dampaknya bisa jadi sangat besar.

2. Pemborosan listrik rumah tangga

7 Hal yang Berperan Penting Dalam Perubahan Iklim. Sudah Tahu?
Unsplash.com/Biel Morro

Entah itu masalah lampu, alat elektronik atau aktivitas rumah tangga lain yang merangkap pemborosan energi, itu juga berpengaruh penting pada perubahan iklim. Listrik yang dihambur-hamburkan menyebabkan pemanasan global dan pastinya juga perubahan cuaca ekstrem.

Mulailah melakukan penghematan energi di rumahmu sendiri. Seperti teratur menggunakan alat elektronik, tidak menyalakan AC yang tidak digunakan dan mencabut semua peralatan elektronik yang sudah tidak digunakan.

3. Penggunaan kendaraan bermotor dengan tidak bijak

7 Hal yang Berperan Penting Dalam Perubahan Iklim. Sudah Tahu?
Unsplash.com/Richard Lee

Polusi dari kendaraan bermotor adalah yang pengaruh penting dalam pemanasan global. Banyak sekali orang yang menggunakan mobil seorang diri padahal bisa menggunakan kendaraan umum. Penggunaan kendaraan yang tidak bijak ini bisa berdampak buruk bagi bumi ini. Jadi sebaiknya, jika masih bisa menggunakan kendaraan umum, maka tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi.

4. Kurangnya pepohonan dan meningkatnya penebangan hutan

7 Hal yang Berperan Penting Dalam Perubahan Iklim. Sudah Tahu?
Unsplash.com/Kai Pilger

Aktivitas ekonomi membuat terjadinya pengurangan hutan dan penebangan di hutan-hutan yang berpotensi membantu meningkatkan oksigen yang dibutuhkan manusia. Pepohonan bisa menyerap karbondioksida dan mencegah pemanasan global. Coba kamu pikir kalau pepohonan semakin sedikit, maka otomatis resiko pemanasan global akan semakin meningkat.

5. Industri pabrik yang menggila

7 Hal yang Berperan Penting Dalam Perubahan Iklim. Sudah Tahu?
Unsplash.com/Brina Blum

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula dunia industri di seluruh dunia beserta pabrik-pabriknya. Ketidak terkontrolan industri pabrik ini menghasilkan polusi udara yang memiliki dampak signifikan dalam pemanasan global. Emisi gas pabrik juga memiliki dampak buruk pada kesehatan manusia seperti masalah pernapasan, bukan hanya keseahatan bumi.

6. Tidak terkontrolnya penggunaan CFC

7 Hal yang Berperan Penting Dalam Perubahan Iklim. Sudah Tahu?
Unsplash.com/Milind Kaduskar

CFC atau Cloro Four Carbon adalah senyawa organik yang diproduksi dari metana, etana dan propana. Gas ini dihasilkan oleh produk pendingin seperti AC dan kulkas. Namun, penggunaan CFC secara tidak terkontrol memiliki kontribusi penting dalam pemanasan global.

7. Meningkatnya keberadaan rumah modern

7 Hal yang Berperan Penting Dalam Perubahan Iklim. Sudah Tahu?
Unsplash.com/Annie Spratt

Konsep rumah modern cenderung lebih banyak menggunakan kaca, itulah sebabnya mengapa hal ini juga memiliki pengaruh terhadap pemanasan global. Pantulan cahaya dari konsep rumah modern ini menyebabkan efek rumah kaca. Dalam artian, cahaya yang mengenai rumah tersebut tidak bisa diserap melainkan dipantulkan lagi ke udara.

Kalau penghuninya saja cuek dan tidak mau tahu, maka tempat tinggalnya juga tidak bisa merasa terurus. Mulai sekarang, jadikan penghematana energi sebagai kebiasaan yang tidak bisa kamu lepaskan. Kalau kamu terbiasa melakukan hal yang benar, maka semua orang juga akan mengikuti kebiasaanmu itu. Pemanasan global, perubahan iklim serta penipisan ozon jelas akan membawa pengaruh yang lebih buruk lagi di masa depan.

Sumber artikel : https://science.idntimes.com/discovery/stella/hal-yang-berperan-penting-dalam-perubahan-iklim

0 Comments

Leave a Comment

2

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register