Kunjungi Situbondo, Emil Dardak Ziarah ke Makam Pendiri NU

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak

Liputan6.com, Situbondo – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyempatkan diri berziarah ke makam pendiri Nahdhlatul Ulama (NU) KH As’ad Syamsul Arifin di area Pondok Pesantren Assalafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur.

Emil menilai, kunjungan ini bukan dimaknainya sebagai kampanye politik. Melainkan, kata dia, lebih sebagai bentuk penghormatan terhadap para ulama yang selama ini menjadi pengayom umat sekaligus meneladani perjuangan KH As’ad Syamsul Arifin.

Menurut Emil Dardak, sosok KH As’ad Syamsul Arifin memiliki banyak jasa bagi NU dan Indonesia.

“Ini lebih bermakna sowan seorang santri kepada para sesepuh, bersilaturahmi, mohon doa dan restu. Ziarah merupakan tradisi keluarga saya yang hidup di kultur NU,” ujar Emil di lokasi, Minggu 18 Maret 2018.

Selain itu, lanjut Emil, ziarah juga bertujuan untuk silaturahmi mengenang keteladanan. Di pondok pesantren yang menjadi sejarah NU kembali ke khittah pada tahun 1984, Emil datang bersama KH Asep Syaifuddin Chalim.

Mereka langsung disambut hangat pengasuh dan keluarga pondok pesantren, diantaranya KH Afifudin Muhajir, KH Muzakki Ridwan, dan KH. Sabit Toha.

Kedatangan Emil pun menjadi magnet ribuan santri, hingga rela berdesak-desakkan untuk bisa bersalaman dan berfoto dengan cawagub yang diidentikkan dengan energi milenial ini.

Tahlil dan doa di pusara berlangsung sekitar 15 menit dan langsung dipimpin oleh KH Muzakki Ridwan yang juga wakil pengasuh pondok pesantren.

Setelah berziarah, Emil Dardak sowan ke kediaman KH Afifudin Muhajir selaku wakil pengasuh di pondok pesantren yang memiliki 17 ribu santri ini.

Sumber : http://pilkada.liputan6.com/read/3387706/kunjungi-situbondo-emil-dardak-ziarah-ke-makam-pendiri-nu

0 Comments

Leave a Comment

2

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register