Trump Pecat Menteri Veteran, Ganti dengan Dokter Gedung Putih

Jakarta, CNN Indonesia — Tak cukup memecat dua menteri di kabinet, Presiden Amerika Serikat Donald Trump kali ini mencopot Menteri Urusan Veteran David Shulkin dan menunjuk dokter Gedung Putih, Ronny Jackson sebagai pengganti.

“Saya senang untuk mengumumkan bahwa saya akan memilih Admiral Ronny L Jackson sebagai menteri urusan veteran baru. Saya sangat berterima kasih kepada David Shulkin atas jasanya kepada negara khusunya kepada veteran-veteran kita,” kicau Trump di Twitter, Kamis (29/3).

Trump mengatakan seorang pejabat kementerian pertahanan, Robert Wilkie, untuk sementara waktu akan mengisi jabatan Shulkin sampai Jackson resmi dilantik.

Kementerian Urusan Veteran merupakan lembaga pemerintah federal terbesar kedua setelah Pentagon yang mempekerjakan sedikitnya 336 ribu orang.

Pencopotan Shulkin disebut sudah terduga sebelumnya. Dia diduga menghabiskan US$122 ribu untuk berlibur ke Eropa bersama istrinya selama sembilan hari.

Shulkin juga merupakan satu di antara sedikit pejabat senior Gedung Putih yang bertahan sejak era pemerintahan Barack Obama.

Sebelumnya, pria 58 tahun itu bekerja sebagai kepala staf medis di Pusat Kesehatan Universitas Pennsylvania.

Dilansir AFP, nama Jackson mulai dikenal Trump ketika memeriksa kesehatannya di awal presiden ke-45 itu menjabat di Gedung Putih.

Jackson menyebut bahwa kondisi kesehatan Trump “sangat baik” meski telah berusia 71 tahun.

Dia bahkan merilis hasil kesehatan Trump dan menyebut Trump “memiliki gen yang luar biasa dan begitu lah Tuhan menciptakannya.”

Pencopotan jabatan Menteri Urusan Veteran ini merupakan yang ketiga kalinya di kabinet Trump selama sebulan terakhir. Sebelum Shulkin, Trump telah lebih dulu memecat menteri luar negerinya, Rex Tillerson, dan Penasihat Keamanan Nasional H.R McMaster.

Sumber: CNN Indonesia

0 Comments

Leave a Comment

2

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register